.
UJUB PENYAKIT YANG MEMBINASAKAN.
.
Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata:
.
‎الإعجاب بالنفس مهلك لها فالمذنب التائب خير من المطيع المعجب.
.
"Ujub (merasa kagum) dengan diri sendiri akan membinasakannya, jadi orang yang berbuat dosa yang bertaubat, lebih baik dibandingkan orang yang taat namun merasa ujub dengan amalnya.".
.
📚 Syarh Kitab al-Kabair, hlm. 47.

Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) sifat pelit yang ditaati (2) hawa nafsu yang diikuti, kekaguman seseorang pada dirinya sendiri” (HR. Ath Thabrani dalam Al Ausath, 5/328. Dihasankan Al Albani dalam Shahiihul Jami’ no. 3045 ). Pada asalnya, manusia memiliki kecenderungan ingin dipuji dan takut dicela. Hal ini menyebabkan riya’ menjadi sangat samar dan tersembunyi. Terkadang, seorang merasa telah beramal ikhlas karena Allah, namun ternyata secara tak sadar ia telah terjerumus kedalam penyakit riya’. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah kamu kuberitahu tentang sesuatau yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kalian daripada (fitnah) Al masih Ad Dajjal? Para sahabat berkata, “Tentu saja”. Beliau bersabda, “Syirik khafi (yang tersembunyi), yaitu ketika sesorang berdiri mengerjakan shalat, dia perbagus shalatnya karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya“ (H.R Ahmad dalam Musnad-nya. Dihasankan oleh Al Albani Shahiihul Jami’ no.2604)
Sumber :muslim.or.id
.
.
#dailyquote #dakwah #reminder #loveAllah #hidupmanfaat #berkah #tulisanislami #oneday onehadist #magnetrezeki #jalankembali #jalandakwah

10

0